Welcome to my blog!

Saturday, April 28, 2012

REVIEW Novel Rain Over Me

Saya sendiri kasih bintang 2/5 untuk novel ini. Kenapa? Karena... entahlah, feel-nya kurang dapet di sayanya. Pada awalnya, saya merasa tertarik dengan novel ini waktu lagi ke gramedia untuk nyari bahan mading osis. Iseng, saya malah pergi ke bagian novel terbaru dulu baru pergi ke tempat stationery. /slapped. Setelah itu mata saya langsung terpancing dengan novel ini. Cover-nya begitu memikat mata saya. Warna biru muda yang imut-imut... Judulnya yang sense of galau gitu... dan yang terakhir waktu lihat sederet hangeulnya - berhubung saya ini suka Kpop, yaaa tepatnya sih ELF only x). Pas lihat sinopsisnya, saya semakin tertarik untuk membacanya. Pas lihat harganya.... jeng jeng jeng... budget saya tidak mencukupi untuk membeli novel itu, jadi ya sudahlah.


Kemudian hari, teman saya mengajak pergi ke gramedia bersama. Dia waktu itu mau beli novel Sunshine Becomes You sih, terus dia nanya ke saya novel apa yang bagus. Saya kasih saran aja Rain Over Me, berhubung dia juga suka Korea, jadi dia terima aja saran saya. Pada akhirnya, dia meminjamkan buku itu ke saya, bahahahhaa. Thank you sooo muchiiieee, but I want to say sorry too karena udah 'memberi' noda saos yang ada di sevel -____- Selain itu, maaf banget minjemnya sampe sebulan -__- bener-bener deh, kemaren-kemaren itu kurang waktu banget buat baca novel.

Ok, langsung aja dimulai review nya. Mau buat sinopsisnya, tapi ga ngeh harus gimana. -__-" tapi... ya.. ya sudahlah, ini saya buatkan sinopsis seadanya aja. Seingat saya aja. Dan perlu diingatkan, review saya ini bisa jadi mengandung SPOILER. Kalau yang belum baca, saya sarankan jangan baca review saya dulu yaa :)

Kalo ga salah inget--ya, kalo ga salah inget, soalnya bukunya udah saya balikkin--cerita ini bermula dari masa kecilnya Hyu-Bin. Lalu ayahnya menikah lagi dengan orang Indonesia--ibu kandungnya sudah meninggal--, dan ibu tirinya ini punya seorang anak perempuan bernama Yuna.

Yuna ini dikisahkan sebagai gadis yang berhasil membuat Hyu-Bin jadi gembira lagi setelah kepergian ibunya. Mereka berdua pun menjalani kehidupan masa kecil yang penuh canda tawa. Keduanya suka dengan langit senja. Ternyata, lama-kelamaan keduanya memiliki perasaan khusus satu sama lain. Tetapi Yuna kemudian kembali ke Indonesia--oke, saya lupa berapa lama--dan diceritakan kalau Hyu-Bin jadi sedih minta ampun.

Setelah besar, Hyu-Bin ditugaskan oleh ayahnya untuk bekerja di salah satu cabang restoran milik ayahnya. Di sinilah ia bertemu dengan Han Chae-Rin, seorang gadis yang sangat benci dengan orang kaya. Karena kebencian Chae-Rin pada orang kaya inilah yang membuat hubungan Chae-Rin dan Hyu-Bin tidak berjalan mulus sebagai rekan kerja.

Chae-Rin sendiri memiliki seorang lover. Yoon Jeon-Seuk (Eh? Bener ga sih? Lupa gimana ejaannya -__-) adalah seorang kaya yang sangat mencintai Chae-Rin. Karena status kaya nya itu, Chae-Rin menolak Jeon-Seuk.

Kemudian Yuna kembali ke Seoul untuk melanjutkan kuliah. Yuna pun bertemu dengan kakaknya lagi, Hyu-Bin. Perasaan mereka semakin tidak menentu. Apalagi saat perubahan sikap Chae-Rin pada Hyu-Bin. Yuna mulai merasa cemburu dengan kedekatan Chae-Rin dan Hyu-Bin.

Selanjutnya, siapakah pada akhirnya yang akan menjadi pasangan Yuna? Hyu-Bin kah? Atau Jeon-Seuk yang kemudian menjadi 'pacar' Yuna setelah dirinya putus asa mengejar Chae-Rin? Lalu dengan siapakah Hyu-Bin akan menikah? Yuna adik tirinya atau Han Chae-Rin yang pada kenyataannya sangat membenci orang kaya?

---

Pada saat membaca novel ini, saya sempat menunda selama berminggu-minggu. Selain karena kesibukkan saya menghadapi uts, juga karena entah mengapa saya merasa alur ceritanya terlalu lambat di awal. Saya bahkan sempat berpikir untuk tidak menyelesaikannya. Entahlah. Tapi sebenarnya penasaran juga sih si Hyu-Bin bakal jadi sama siapa. hahahahaa~~

Dilihat dari pemorsian tokoh, saya merasa Yuna seakan hanya jadi sesosok pemeran pembantu. Rasanya dia seperti bukan seorang pemeran utama. Terlihat di sini pemeran utama nya seakan-akan merupakan Han Chae-Rin dan Hyu-Bin. Tidak tahu juga sih pembaca lain berpikir bagaimana. Yang pasti saya kalau ingat novel ini, yang selalu teringat jadinya Chae-Rin sama Hyu-Bin aja, Yuna seakan samar-samar dalam pikirann saya.

Selain itu, latar belakang Korea di sini kurang dipaparkan. Jadinya ga bisa ngerasain bener-bener seperti apa suasana di sana. Latar yang kuat di sini menurut saya cuma restauran little Kim's aja. Rasanya sayang banget kalau setting Korea nya kurang dijelaskan :(

Lalu mengenai karakter tokohnya. Di sini saya agak kecewa dengan keempat karakter utama. Pada awalnya Yuna digambarkan sangat tidak rela dengan kedekatan Chae-Rin dan Hyu-Bin, tapi kenapa dia bisa begitu gampangnya merelakan mereka? Entahlah, terkesan kurang masuk akal. Hyu-Bin juga, dia diceritakan sangat mencintai Yuna, tapi pada akhirnya, dengan gampangnya ia memilih Chae-Rin (oke, pertanyaan di atas terjawabkan sudah -__-). Chae-Rin sendiri kenapa bisa begitu cepatnya 'mematikan' pendiriannya untuk membenci orang kaya? Masing-masing karakter tokoh kurang kuat digambarkannya. But overall, saya sukanya Jeon-Seuk sih, walaupun tetap aja dia kurang logis. Apakah sebegitu mudahnya baginya untuk menyerah mencintai si Chae-Rin?

Saya juga merasa pembangunan chemistry antara Yuna-JeonSeuk, dan ChaeRin-HyuBin terasa kurang :( Seandainya jika diceritakan lebih lanjut, kekecewaan saya di atas bisa terbayarkan.

Ada lagi kebingungan yang saya alami saat membaca novel ini. Bagian terakhir yang pas Yuna lagi ada talkshow tentang novelnya, koq tiba-tiba bisa jadi di TK? Apa saya salah? Atau memang novelnya yang salah dalam penulisannya? Atau salah cetak? Atau...atau...atau... /apaansih.

Yang terakhir, saya merasa judulnya kurang nyocok gitu sama isi ceritanya. Tadinya saya memiliki perkiraan isi cerita ini bakal serba hujan, or at least tokoh utamanya suka sama hujan (just like meeee /so what/). Tapi ternyat engga tuh. Latar langit senja justru lebih ditonjolkan, dan hujan--kalau tidak salah--cuma sekali aja diungkit di sini. Atau mungkin hujan karena galau" gitu? Tapi ini happy ending ah. Tapi gapapa deh, judulnya ini catchy banget di mataku.

Ya, demikianlah review saya. Overall sih ceritanya bagus dan sweet banget deh. Ala ala drama Korea sih emang, tapi gapapalah.

Terakhir, saya salut sama penulisnya. Kak Arini nih kayaknya penulis baru ya? tapi udah tekun banget buat novel sampe setebal ini. Saluuuuuttttt.  Nulis sampe setebal itu ga gampang loh. hehehe.

Keep fighting buat kak Arini. Saya tunggu novelmu berikutnya~ ^^

This book recommended buat kalian yang suka baca bacaan ringan. :)


No comments:

Post a Comment

Thank's for visit this little castle of Maria's Kingdom. Come here again please!